Quantum Smart Brain

Quantum to Smart

10 Cara Meningkatkan KONSENTRASI dan Latihan untuk Anak

10 Cara Meningkatkan KONSENTRASI

1. Mencegah masuknya gangguan, Belajar di dalam ruang duduk di mana radio atau TV dinyalakan atau orang lain tengah berbicara, tidak akan membantu.

2. Bekerjalah dalam ruangan yang nyaman, ventilasi, penerangan, dan kehangatan yang memadai.

3. Jangan biarkan mata Anda menatap berkeliling, tetapi jaga agar tetap menatap ke arah pekerjaan Anda.

4.Tuliskan catatan atau menggambar sketsa yang relevan dengan subjek yang Anda hadapi.

5.Salah satu musuh dari konsentrasi adalah kebosanan. Kebosananan mungkin menyelinap masuk apabila Anda bekerja terlalu lama. Oleh karena itu, batasi waktu belajar selama satu jam; kemudian ambil isitrahat selama sepuluh menit dan kerjakan sesuatu yang berbeda.

 6. Tetapkan batas waktu. Berikan diri Anda jumlah kerja yang pantas untuk dikerjakan dalam satu jam, satu minggu, satu bulan.

7. Berikan tantangan kepada diri Anda, Anda telah mendapatkan bantuan untuk emosi Anda, dan rasa harga diri akan terus mendorong Anda.

8.Jangan pernah berpikir negatif seperti – Saya tidak akan pernah menguasainya. Otak Anda lebih mampu dan cakap daripada yang Anda kira.

 9.Jangan takut untuk meregangkannya. Otak akan bangkit karena tuntutan yang lebih berat. Percayalah akan kekuatan Anda sendiri. Hampiri pekerjaan dengan tekad.

 10. Gunakan cara-cara untuk menjaga daya ingat dengan menggunakan : jembatan keledai.

Benda-benda di Rumah untuk melatih  Konsentrasi

1. Menjumput (menggunakan jempol dan telunjuk) butiran beras atau kacang merah sambil  menghitung jumlahnya, selain melatih konsentrasi juga melatih motorik halus anak.

2. Memindahkan air dari mangkuk/baskom kedalam botol dgn menggunakan tutup botol tsb. Lakukan dgn tangan kanan dan kiri secara bergantian.

3. Bermain Puzzle jg diyakini dapat meningkatkan konsentrasi dan memori anak.Kotak susu bekas dapat dibuat menjadi puzzle sederhana.

July 26, 2010 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a comment